Skip to main content

18.847 Pemilih Pemula Belum Rekam e-KTP

Wonosobo - Bawaslu Kabupaten Wonosobo mendorong agar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten setempat untuk membuka pelayanan khusus kepada calon pemilih pemula untuk Pilgub Jawa Tengah 27 Juni 2018 mendatang. Pasalnya, berdasarkan hasil coklit, ada 18.847 pemilih pemula yang genap berusia 17 di pencoblosan dan belum memiliki e-KTP.

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwas Kabupaten Wonosobo Sumali Ibnu Chalid mengatakan, dari 670.478 daftar pemilih sementara Pilgub Jateng, 38.386 di antaranya merupakan pemilih pemula. Sedangkan berdasarkan hasil coklit, pemilih pemula terdiri dari warga yang baru pindah, pensiunan TNI/Polri serta remaja yang baru berusia 17 tahun.

"Dan dari 38.386 pemilih pemula, 18.847 di antaranya merupakan remaja yang tepat berusia 17 tahun di hari pencoblosan," terangnya melalui sambungan telepon, Selasa (20/3/2018).

18.847 pemilih pemula saat ini belum memiliki KTP elektronik ataupun surat keterangan. Lantaran hingga saat ini usia mereka belum genap 17 tahun. Namun, karena pada saat pencoblosan usia mereka sudah 17 tahun, maka mereka berhak menggunakan hak pilih.

"Makanya kami mendorong kepada Disdukcapil Wonosobo untuk membuka layanan khusus. Meski eKTP atau surat keterangan tidak bisa dicetak sekarang, mestinya sudah bisa melakukan perekaman. Sehingga, nanti saat pencoblosan tinggal mengambil," paparnya.

Sejauh ini, Sumali mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Dispendukcapil Wonosobo. Ia berharap agar pelayanan perekaman e-KTP untuk 18.847 pemilih pemula tersebut diperhatikan. Misalnya, dengan melakukan jemput bola ke berbagai sekolah.

"Nantinya, untuk pengambilan saat hari pencoblosan juga di kantor-kantor kecamatan agar lebih dekat. Sehingga, mereka tidak kehilangan hak suaranya pada Pilgub Jateng 27 Juni nanti," tandasnya.

(detik.com)