Skip to main content

Burat Segera Deklarasikan Desa Anti Politik Uang

Pertemuan Bawaslu Kabupaten Wonosobo dengan warga Desa Burat Kecamatan Kepil sudah berlangsung yang ke tiga kalinya. Hari ini Senin, 4 November 2019 Bawaslu Kabupaten Wonosobo kembali mengajak warga Desa Burat untuk menolak segala macam praktik politik uang, melawan isu sara dan memberantas berita HOAX.

warga

Kepala Desa Burat Ir. Gunawan Setyadi dalam sambutannya menyampaikan kepada Peserta kegiatan dan Bawaslu Kabupaten Wonosobo bahwasanya pelaksanaan pemilu yang bebas politik uang bagi warga Desa Burat sudah bukan lagi hal baru karena warga Desa Burat sudah biasa melaksanakan pemilu tanpa praktik politik uang. Sebagai contohnya pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa yang lalu, untuk itu Pak Gun mengajak warga untuk kembali melaksanakan pemilu-pemilu yang akan datang juga tanpa unsur politik uang. “kalau kita memilih karena embel-embel uang, maka ke depan kita tidak akan diperhatikan oleh pemimpin pilihan kita, tapi kalau pemimpin kita terpilih tanpa beban politik uang maka kita pasti akan lebih diperhatikan” tutur beliau.

kades

Anggota Bawaslu Kabupaten Wonosobo Nasir Salasa pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Burat beserta perangkat dan warganya yang telah menyambut program Desa Anti Politik Uang dengan sangat antusias. Nasir juga menyampaikan apresiasi kepada warga yang mempunyai disiplin waktu yang sangat baik, ini terbukti dari beberapa kali pertemuan yang diadakan oleh Bawaslu Kabupaten Wonosobo mereka selalu hadir tepat waktu.

Selanjutnya koordinator divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten Wonosobo ini menyampaikan kepada warga Desa Burat untuk selalu memerangi praktik politik uang dan berita HOAX. “selain memerangi praktik politik uang, kita juga harus hati-hati terhadap berita HOAX, bila ada berita apa pun yang mengandung unsur ujaran kebencian atau berita-berita yang belum pasti kebenarannya jangan asal menyebarkan melalui media-media sosial yang ada” ujarnya.

Nasir

Pada pertemuan yang dimulai pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB tersebut juga membahas rencana kegiatan Launching Desa Burat sebagai Desa Anti Politik Uang. Peresmian Desa Burat sebagai Desa Anti Politik Uang rencananya akan dihelat pada hari Sabtu, 9 November 2019. Selain warga Desa Burat, pada acara peresmian tersebut bawaslu akan mengundang jajaran Forkopimcam dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Kepil. Pada acara peresmian ini nantinya akan ada pembacaan Deklarasi Kampung Anti Politik Uang oleh Kepala Desa Burat yang ditirukan oleh warga Desa Burat.

Pada kesempatan yang sama Khusaini Ahmad seorang warga desa burat yang juga seorang tokoh agama di desa buat menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Bawaslu Kabupaten Wonosobo yang telah melaksanakan Program Desa Anti Politik Uang di Desa Burat, beliau juga berharap dari kegiatan tersebut nantinya dapat tercipta Pemilu yang Bersih dari Politik Uang dan terpilih Pemimpin-Pemimpin yang amanah. (Santo/Humas Bawaslu Wonosobo)