Skip to main content

Masyarakat Lebak Mendeklarasikan menjadi Desa Pengawasan

Bawaslu Wonosobo-bersama masyarakat mendeklarasikan sebagai kampung pengawasan, sebagai upaya pencegahan dini untuk kesuksesan Pilkada tahun 2020.

Selasa 5 November 2019 bertempat di halaman balai Desa Lebak Kecamatan Kaliwiro mendeklarasikan desanya sebagai Desa Pengawasan Pemilu yang diikuti oleh masyarakat, perangkat dan Muspika.

Acara tersebut di buka oleh Danil Arvian Divisi Pengawasan, Hubal dan Humas Bawaslu Wonosobo, sambutan langsung oleh Kepala Desa dan Camat Kaliwiro, Dalam sambutannya berharap mempertahankan sebagai desa pengawasan dan tingkatkan pengawasan sebagai percontohan, kemudian masyarakat bisa cerdas dan mampu menolak politik uang, yang diawali dengan mengawasi diri sendiri.

j

Proses acara dilanjutkan dengan Pemotongan Pita yang dipimpin oleh Danil Arvian, Kepala Desa dan Camat Kaliwiro, Dilanjutkan Pembacaan Deklarasi Desa Pengawasan yang di Pimpin Oleh Kepala Desa Lebak. Substansi isi teks Deklarasi  Desa Pengawasan adalah, keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu dan pilkada untuk mewujudkan demokrasi bersih dan bermartabat, siap memberantas berita hoax, melawan eksploitasi suku, agama ras dan antar golongan dalam pemilu dan pilkada, siap menolak politik uang dan siap menjadi pengawas pemilu partisipatif. Pembacaan teks tersebut diikuti oleh seluruh masyarakta yang hadir. Dilanjutkan pula pengukuhan gugus tugas kader pengawas pemilu partsipatif ditandai dengan pemakaian ikat Saba Bawaslu Kabupaten wonosobo.

Danil Arvian berharap dengan dibentuknya Desa Pengawasan di Desa lebak, mampu meminimalir praktik-praktik politik uang kalaupun bisa harus dihilangkan dan pelanggaran pemilu lainnya, langkah-langkah yang akan di ambil akan terus bekerjasama dengan baik, selain itu agar desa lain bisa menjadi contoh untuk seluruh desa di Kabupaten Wonosobo dan mampu meniru desa tersebut untuk mendeklarasikan sebagai desa pengawasa dan menolak politik uang.

p

Muhafid Kepala Desa Lebak, Mengucapkan terimkasih kepada Bawaslu wonosobo, selain itu masyarakat antusias dan mendukung program dari Bawaslu karena Desa Lebak peduli dengan pemilihan, harapannya segala bentuk pelanggaran bisa di cegah untuk kesuksesan Pemilu dan Pilkada mendatang.

p

Muhtafi  Ketua Pemuda Desa Lebak antusias  dengan Adanya Desa Pengawasan pemilu, Kami siap mencegah unsur-unsur politik uang dan memberantas. Harapannya kedepan  akan muncul bibit yang berbakat yang tidak mementingkan uang untuk memilih sehingga bersih dari politik uang dan menjadi pemimpin-pemim pin yang bersih. ( Umi Ema Habibah/Humas Bawalu Wonosobo)