Skip to main content

Desa Pengawasan dari Pelosok Wonosobo

Foto Bersama

WONOSOBO - Desa Kumijeng, Kecamatan Wadaslintang terpilih menjadi salah satu Desa Pengawasan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonosobo. Desa yang berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Wonosobo resmi menjadi desa binaan Bawaslu Wonosobo pada Rabu (31/3/2021).

Desa yang berbatasan dengan Kabupaten Kebumen itu dipilih oleh Bawaslu karna merupakan salah satu desa terpencil  sekaligus desa wisata di wilayah Kabupaten Wonosobo. Untuk bisa menuju desa tersebut, harus melintasi Waduk Wadaslintang menggunakan perahu selama 30 menit.

kegiatan

Dalam kegiatan rapat koordinasi pengembangan Desa Pengawasan, selain dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Wonosobo, turut hadir juga Setyo Pramudi Kabag Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Setyo dalam sambutanya mengatakan bahwa pengembangan Desa Pengawasan merupakan langkah pertama Bawaslu dalam melakukan pencegahan berkaitan untuk mendorong masyarakat agar bisa berpartisipasi dalam Pemilu maupun Pilkada.

“Tujuan dalam rangka pengembangan Desa Pengawasan ini adalah memberikan media komunikasi antara masyarakat Desa Kumijeng dengan Bawaslu. Harapan kami bisa menyebarkan virus pengawasan dalam Pilkada dan Pemilu untuk menjadi corong dalam pengawasan partisipatif demi terciptanya Pemilu yang bermartabat.” Ungkapnya.

peserta

Selain itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Wonosobo Sumali Ibnu Chamid menambahkan, bahwa tujuan Bawaslu datang ke Desa Kumijing tidak hanya sekedar mengajak masyarakat untuk sadar soal Pengawasan Pemilu, namun ikut mempromosikan Desa Wisata Kumijeng ke publik.

“Dalam forum ini Bawaslu lebih mengajak untuk shering tentang masyarakat dalam konteks Pemilu dan Pilkada. Forum pada kesempatan ini merupakan forum  masyakat Desa Kumijing bertemu Bawaslu.” Tegasnya.

Disela-sela acara, Kepala Desa Kumijeng Endar Aditria Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Wonosobo atas terpilihnya Desa Kumijing menjadi salah satu Desa Pengawasan. Endar juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk pencegahan serta pengawasan Pemilu maupun Pilkada di Desa Kumijing khususnya untuk menyelenggarakan Pemilu yang bersih.

mou

Forum yang dipandu oleh Danil Arvian anggota Bawaslu Wonosobo itu berjalan dengan cair, masyarakat sangat antusias bertanya soal Pengawasan Pemilu dan Pilkada. Meraka berharap agar kegaiatan semacam ini bisa berkelanjutan dan tidak hanya di Desa Kumijing saja, melainkan bisa merambah kedesa-desa lain yang ada di Kecamatan Wadaslinatang khususnya.

Kegiatan yang mengundang perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama dan karang taruna itu diakhiri dengan Penandantanganan MoU oleh Bawaslu Wonosobo dengan Desa Kumijeng, serta dilanjutkan dengan penanaman Pohon Bawaslu di sekitar taman Obyek Wisata Kumijeng. (Humas Bawaslu Wonosobo)

penanaman pohon