Skip to main content

PANWASLU KELURAHAN/DESA TERPILIH TELAH DI UMUMKAN

Kamis 12 Maret 2020 hasil perekrutan PKD se-Kabupaten Wonosobo dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 telah di umumkan oleh Panwaslu kecamatan. Sejumlah 265 Kelurahan/Desa telah terisi calon Panwaslu Kelurahan/Desa yang akan siap mengawasi tahapan pemilihan.


Pengumuman di publis mulai jam 00.00 WIB dini hari dengan cara di sebarluaskan melalui platform media sosial Panwaslu kecamatan baik facebook, instagram dan blog, selain itu Panwascam juga menempelkan pengumuman di papan pengumuman kantor Kelurahan/Desa se-Kabupaten Wonosobo.


Panwaslu Kelurahan/Desa terpilih telah disiapkan secara kelembagaan dalam pengawasan tahapan maupun non tahapan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonosobo, dengan prosentase laki-laki sejumlah 75 persen (200 0rang) dan perempuan 25 persen (65 orang). Pendidikan minimal SLTA/Sederajat terpenuhi dengan jumlah 173 orang, D3 sejumlah 10 orang, S1 sejumlah 81 orang dan S2 sejumlah 1 orang. Dari jumlah calon PKD yang rencananya akan dilantik pada hari Jum’at tanggal 13 Maret 2020 di setiap wilayah kecamatan masing-masing terdapat sejumlah 113 orang (43%) mantan PKD yang pernah ikut serta dalam pengawasan pemilihan sebelumnya dan sejumlah 152 orang (57%) adalah calon pengawas desa baru.


Nasir Salasa, M.Pd., selaku Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Wonosobo mengungkapkan bahwa para PKD terpilih yang tersebar di 265 Kelurahan/Desa adalah orang-orang terbaik dengan integritas, loyalitas dan dedikasi tinggi untuk melakukan kerja-kerja pengawasan tahapan maupun non tahapan dalam penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Wonosobo Tahun 2020.

"Kami mengajak kepada seluruh warga masyarakat wonosobo untuk ikut mengawasi pilkada dengan menjadi pengawas partisipatif dan menjadi mitra kerja bagi Panwaslu Kelurahan/Desa”.


Seluruh Kelurahan/Desa Se-kabupaten Wonosobo telah terpenuhi dengan adanya PKD yang siap bekerja untuk melakukan tugas-tugas pengawasan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo Tahun 2020.  (Umi Ema Habibah/Humas Bawaslu Wonosobo)