Skip to main content

Rakor Daring Pengawasan Pilkada di Masa Pandemi

rakor

WONOSOBO-Bawaslu Kabupaten Wonosobo melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pengawasan pilkada 2020 pada Selasa (22/6/2020), yang diikuti oleh Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Se- Kabupaten Wonosobo.

Bertempat di Ruang Media Center, Kegiatan yang diikuti oleh 45 Anggota Panwascam menggunakan media Daring, yaitu menggunakan Aplikasi ZOOM.

Dalam hal ini, kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Wonosobo Sumali Ibnu Chamid. Menurutnya, seluruh jajaran Panwascam hingga Pengawas Desa harus mulai membiasakan diri dengan keadaan saat ini, seperti halnya rapat yang biasanya dilakukan dengan tatap muka langsung, saat ini menggunakan media Daring.

“Seluruh jajaran Panwascam hingga pengawas Desa harus mulai membiasakan diri dengan rapat melalui media daring”. Ungkapnya.

Pada kesempatan ini, disampaikan kendala yang mungkin dihadapi dalam melakukan pengawasan disaat pandemi seperti sekarang, dan beberapa pengawasan non tahapan yang sudah dilakukan oleh Bawaslu pada saat pandemi salah satunya adalah pengawasan netralitas dan integritas terhadap pengawas adhoc yang sedang dinon aktifkan. Sampai sejauh ini tidak ditemukan pengawas adhoc yang melanggar.

Disampaikan oleh Danil Arvian, bahwa pengawasan tahapan harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kita sebagai pengawas harus menjaga solidaritas dan integritas kita sebagai pengawas, dalam melaksanakan tugas pengawasan, nantinya kita harus sesuai dengan protokol kesehetan yang telah ditetapkan oleh pemerintah”. Ungkap kordinator divisi pengawasan itu.

Disampaikan pula mengenai sosialisasi yang harus dilakukan dengan sekreatif mungkin melalui media sosial ataupun media lainnya, karena tidak memungkinkan untuk dilakukan sosialisasi langsung ke masyarakat. Dan juga nantinya seluruh Pengawas Desa diharuskan membuat Posko Pengawasan di masing-masing Desanya.

Selain itu, Nasir Salasa selaku Kordiv SDM dan Organisasi juga menyampaikan bahwa dalam keadaan sesulit apapun integritas menjadi harga mati dan tidak ada tawar menawar, Kode Etik jajaran Pengawas adhoc harus tetap diperhatikan, jangan sampai ada Jajaran Pengawas Adhoc di Kabupaten Wonosobo yang tersandung pelanggaran Kode Etik. (M.Zuhad)

rapat