Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Wonosobo , Komitmen Wujudkan Reformasi Birokrasi

Bawaslu Wonosobo , Komitmen Wujudkan Reformasi Birokrasi

WONOSOBO – Upaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih dilakukan Bawaslu Kabupaten Wonosobo. Akhir April, Pimpinan dan Pegawai melakukan Rapat Implementasi Reformasi Birokrasi di lembaga pengawas Pemilu itu.

“Wujud dari reformasi birokrasi, di antaranya menciptakan wilayah antri korupsi dan dan wilayah integritas bagi internal Bawaslu Kabupaten Wonosobo,”ungkap Sumali Ibnu Chamid Ketua Bawaslu Kabupaten Wonosobo, dalam memberikan pengarahan Rapat Koordinasi Implementasi Reformasi Birokrasi 25 April 2022 di Kantor Bawaslu.

Sumali menjelaskan, titik pokok dari reformasi birokrasi yaitu menciptakan good governance dan clean government. Dua mandate tersebut menegasikan, pemerintahan yang baik di isi oleh personalia yang baik. Untuk itu komitmen menciptakan zona intgritas muara pokoknya pada personalia dari pimpinan dan pegawai Bawaslu Kabupaten Wonosobo.

“Saya sering mengingatkan, bahwa kita bekerja dengan sumber anggaran serratus persen dari negara. Artinya kita punya kewajiban menjaga kualitas kerja sekaligus menghindari praktek korupsi,”katanya.

Eko Widhi Nugroho Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Wonosobo, saat memberikan materi, menekankan kepada semua pegawai agar patuh terhadap semua aturan yang berlaku. Karena aturan tersebut dibuat untuk memastikan semua pekerjaan selesai dan mengikuti mekanisme dan prosedur.

 

eko rakor reformasi

 

“Sedangkan integritas ini sangat terkait dengan kedisplinan semua saja dalam meningkatkan kualitas kerja Bawaslu,”katanya.

Eko menjelaskan, pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan Zona integritas birokrasi bersih dan melayani merupakan aksi nyata dalam upaya pencegahan dan pemberantasan dari prakte Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Maka selain melakukan pakta integritas. Kita secara bertahap ke depan Menyusun perencanaan aksi. Tujuannya tentu saja pemerintahan yang bersih dan melayani,”tegasnya.

 

tanda tangan reformasi birokrasi

 

Eko menjabarkan, dalam forum tersebut semua Pimpinan dan pegawai melakukan penandatanganan pakta ingetritas secara terbuka dari Satpam sampai dengan pimpinan. Selain itu, juga sudah ditetapkan Surat Keputusan (SK) Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi di Internal Bawaslu.

“Untuk mewujudkan perencanaan aksi, dilakukan setiap hari. Dengan terus mengingatkan komitmen diri, integritas dan tentu disiplin dalam melaksanaan tugas dan fungsi masing-masing,”tegasnya. (Humas Bawaslu Wonosobo)