Lompat ke isi utama

Berita

Lolly Terjun Langsung Mengajak Para Pemuda untuk Menjadi Bagian Pengawas Partisipatif

Lolly Terjun Langsung Mengajak Para Pemuda untuk Menjadi Bagian Pengawas Partisipatif

 

Bawaslu Wonosobo – Lolly Suhenti selaku Anggota Bawaslu Republik Indonesia melakukan strategi pencegahan dengan mengajak langsung para pemuda untuk mengambil peran sebagai Pengawas Partisipatif ( 23/09/2023 ).

Bawaslu Wonosobo mengundang peserta yang terdiri dari anggota BEM Universitas Sains dan Al-Qur’an, Anggota Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif, Tokoh Pemuda, Ketua Panwascam dan anggota PKD untuk turut menghadiri acara Sosialisasi Pengawas Partisipatif ini. 

 

Ketua Bawaslu, Sarwato Priadhi menyampaikan dalam sambutanya “Tujuan mengundang masyarakat adalah untuk memberikan pencerahan dan pembekalan terkait pengawasan partisipatif sehingga dapat berkolaborasi bersama sehingga pengawas pemilu bisa menjadi tonggak demokrasi bangsa, semoga melalui acara ini dapat menambah semangat dalam berdemokrasi”.

Dalam sosialisasi ini juga turut membersamai Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Nur Kholiq beliau berpesan “Dikarenakan Pemilu tidak bisa berjalan hanya dengan kami, dengan adanya banyak masalah yang diawasi sehingga perlu kolaborasi dan keterlibatan masyarakat dengan berbagai unsur sehingga akan mempengaruhi keterlibatan partisipasi publik dengan baik”.

Pemilu 2024 adalah milik bersama bukan hanya milik penyelenggara, warga masyarakat tidak hanya sekedar datang untuk menyoblos namun bisa menjadi aktor dalam pemilu. Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi yang dirayakan oleh semua warga negara. 

Lolly menyatakan “Semua warga negara mempunyai posisi yang sama terkait hak pilih, tidak itu seorang pengusaha maupun petani, sehingga pemilih mempunyai kuasa untuk dapat menentukan pilihanya sendiri. Sebagai penyelenggara jangan bermental mlempem, sebagai pemilih jadilah pemilih yang mengawasi supaya tidak disalahgunakan dan dimanipulatif”. 

Lalu Lolly memberikan tips terkait pengecekan berita hoax yang marak beredar menjelang Pemilu berlangsung dengan cara cek kebaikan, cek kebenaranya dan cek kemanfaatanya. Lanjut berpesan bahwa negara akan menjadi baik-baik saja dengan pemimpin yang proses menuju menjadi pemimpin dengan cara yang baik.

 

 

Rakor Soswatif Teh Lolly

Penulis : Evelin

Foto : Uddin