Lompat ke isi utama

Berita

Mengajak Pelajar untuk Memperlebar Wawasan Mengenai Demokrasi dan Pemilu

Mengajak Pelajar untuk Memperlebar Wawasan Mengenai Demokrasi dan Pemilu

 

Bawaslu Wonosobo – Mengusung tema “ Implementasi Profil Pelajar Kita, Suara Kita Masa Depan SMK Informatika” dalam acara ini Ariantono selaku Anggota Bawaslu Wonosobo berkesempatan untuk menjadi narasumber dengan menjelaskan Pendidikan demokrasi, politik dan pemilu kepada para pemilih pemula di SMK Informatika Wonosobo (26/09/2023).

Anggota Bawaslu tersebut mengucapkan “Selamat berpesta demokrasi kepada seluruh pelajar dengan akan berlangsungnya pemilihan ketua OSIS”. Hal ini merupakan praktek dari teori demokrasi sedari dini sebelum para pelajar mencukupi usia untuk menjadi pemilih pemula sehingga paham betul bagaimana mereka menggunakan hak pilihnya untuk menentukan seorang pemimpin hingga di kehidupan mendatang. Pendidikan politik penting dilakukan untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu dan Pemilihan, serta meningkatkan pemahaman dan perilaku masyarakat mengenai hak dan kewajiban serta peran dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan.

Alasan mengenai mengapa Masyarakat dan pemilih pemula harus terlibat mengawasi pemilu adalah memastikan terlindungnya hak politik warga Masyarakat, memastikan terwujudnya pemilu yang bersih, transparan dan berintegritas dari sisi penyelenggara dan penyelenggaraanya, mendorong terwujudnya pemilu sebagai instrument penentu kepemimpinan politik dan evaluasi kepemimpinan politik dan mencegah terpiplihnya calon-calon pemimpin yang korupsi dan tidak Amanah.

Ariantono menyampaikan kepada Pemilih Pemula terkhusus untuk yang berusia lebih dari 17 tahun untuk terlibat aktif dalam proses pencegahan dan pengawasan pemilu melalui offline maupun online yang dapat disimak dari beberapa aplikasi yang ada di Bawaslu seperti Sigap Lapor, Gowaslu dan Siwaslu.

Ia juga berpesan kepada pelajar “Jadilah ikut aktif dalam proses pengawasan pemilu maupun pencegahanya dengan turut mewujudkan pemilu yang mengedepankan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil”. 

Penulis : Evelin