Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Sinergitas, Bawaslu Wonosobo Audiensi dengan Kapolres Wonosobo

Tingkatkan Sinergitas, Bawaslu Wonosobo Audiensi dengan Kapolres Wonosobo

 

 

Bawaslu Wonosobo – Badan Pengawas Pemilu Wonosobo melakukan kunjungan audiensi ke Polres dan diterima langsung oleh AKBP Eko Novan Prasetyopuspito, S. I. K., M. Si selaku Kapolres Wonosobo (21/09/2023).

 

Audiensi dengan Kapolres Wonosobo

 

Ketua Bawaslu didampingi oleh Anggota ke Polres untuk meningkatkan koordinasi, sinergitas dan harmonisasi antara Bawaslu dan Polres Wonosobo dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang berkualitas dan akuntabel. 

Kapolres Wonosobo menyatakan “Terimakasih telah berkenan silaturahmi ke Polres Wonosobo, kami sepenuhnya mendukung dan siap bekerjasama dalam pengamanan pemilu namun dengan jumlah anggota yang hanya 600 kami harus bekerjasama dengan seluruh stakeholder. Mengutip dari pernyataan Ketua KPU bahwa “Pemilu adalah konflik yang illegal” tapi harapan kami semoga bisa tetap temoto dan tentrem”.

Kapolres beserta jajaranya baru saja kembali setelah melakukan kunjungan di desa-desa yang ditengarai menjadi daerah yang rawan, karena saat ini kondisi di beberapa titik desa di Wonosobo sudah memasuki kategori indeks kerawanan yang tinggi terkait pemilu, oleh karena itu sangat dibutuhkan  kerjasama yang baik sehingga pemilu dapat berjalan dengan kondusif.

Dalam diskusi antara Ketua Bawaslu dengan Kapolres membahas terkait penegasan tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi bahwa Bawaslu menjadi mediator dan kepolisian menjadi negosiator. Kapolres menyampaikan di masyarakat era sekarang ini krisis filter bubble technology IT sehingga ditakutkan memicu adanya isu perpecahan dikarenakan penelaahan informasi yang ditelan mentah-mentah tanpa melalui proses pengolahan informasi dahulu. 

Atas pengaruh dari beberapa kejadian yang memprihatinkan Ketua Bawaslu Wonosobo berinisiatif “Kami akan mengajak masyarakat untuk melakukan teori berita hoax dan berita valid. Begitupun kami bekerjasama dengan Diskominfo dan media-media yang lain. Kami harap masyarakat pun mempunyai daya tangkal yang tinggi terhadap berita hoax, sehingga dapat menyaring informasi dan lebih baik lagi dapat mengkonfirmasi melalui laman berita resmi dari pemerintah terkait pemilu.
 

Kapolres berpesan kepada masyarakat “Saat melihat pelanggaran, pertama melihat, pertama bersuara, jangan diam saja”. Ini merupakan salah satu cara untuk menjaga Wonosobo tetap aman dan tertib.