Lompat ke isi utama

Berita

Persiapan Bawaslu Menuju Tahapan Kampanye

Persiapan Bawaslu Menuju Tahapan Kampanye

Bawaslu Wonosobo – Bawaslu Wonosobo menggelar Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Pengawasan Penyusunan DPTb dan DPK (24/10/2023).

Dapat kita cermati bersama bahwa saat ini adalah waktu menjelang masuk tahapan kampanye yang sebentar lagi akan dilaksanakan yaitu tahapan paling krusial pada 28 November 2023. Kampanye merupakan kegiatan untuk memperkenalkan calon calon legislatif maupun eksekutif kepada masyarakat.

Sarwanto selaku Ketua Bawaslu Wonosobo menyampaikan “Dengan kondisi saat ini, tensi politik semakin meningkat sehingga mari terus cermati dinamika sosial politik di tingkat paling dasar dikarenakan info terkini dapat dipantau dengan terjun langsung di masyarakat sehingga perlu kita kuatkan koordinasi dan komunikasi dengan Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan / Desa”.

Dapat diketahui bersama bahwa arus informasi tidak berjalan dengan cukup baik dari Bawaslu kepada partai politik yang tidak menginformasikan kepada bacaleg yang saat ini telah mendaftarkan diri sehingga hal ini perlu diwaspadai bersama Ketika nantinya menemui pelanggaran bisa langsung ditindak.

Beberapa dimensi kerawanan yang menjadi sorotan yaitu seperti netralitas ASN, politik uang dan politisasi SARA. Di satu sisi, ASN yang tidak netral dapat merusak kredibilitas proses pemilu dan pada sisi lain, politik uang dan isu SARA menjadi instrument yang dapat mempengaruhi pemilih secara negative dan merusak keadilan kompetisi.

Mengutip dari pernyataan Lolly Suhenty selaku Anggota Bawaslu Republik Indonesia “ Sebagai pengawas pemilu harus punya keberanian mengawasi pemilu. Keberaniantanpa pengetahuan hanya ngawur tetapi keberanian harus diikuti dengan pemahaman regulasi yang baik”.

Dengan demikian, Langkah awal yang diambil Bawaslu melalui pengawasan kampanye dan upaya pencegahan potensi kerawanan menjadi sangat fundamental dalam memastikan bahwa Pemilu 2024 dapat berjalan dengan adil, jujur dan demokratis sehingga dapat mengawal demokrasi dan memberi kontribusi agar bisa mewujudkan Indonesia lebih baik.

 

Penulis  : Evelin

Foto       : Uddin